Unit Pengkajian & Pengembangan Sistem Mutu Pembelajaran

Sebagai unit pelaksana teknis dalam memberikan pelayanan untuk meningkatkan kemampuan kompetensi dosen, khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran, UP2SMP mengadakan sharing knowledge tentang penggunaan social media/ jejaring sosial sebagai alternatif media pembelajaran. Hal ini dalam rangka mengembangkan kualitas dosen untuk dapat berperan aktif di era globalisasi dalam melaksanakan tupoksinya.

Aplikasi yang digunakan di sini adalah Edmodo (www.edmodo.com), yang merupakan aplikasi teknologi pembelajaran berbasis jejaring sosial. Edmodo sendiri bersifat open source dan aplikasinya sesuai dengan tujuan pedagogik pembelajaran. Hal lain yang mendasari kenapa Edmodo ini dapat digunakan dalam lingkungan pendidikan vokasi adalah:

  1. Sesuai dengan perkembangan zaman, dimana peserta didik saat ini merupakan Digital Native.
  2. Dapat digunakan pada institusi pendidikan secara global.
  3. Sebagai wahana komunikasi dan diskusi, khususnya terkait pembelajaran antara dosen dan mahasiswa.
  4. Mahasiswa dapat berinteraksi dan melakukan diskusi dengan pantauan langsung pengajar
  5. Mahasiswa dapat melakukan pengumpulan tugas secara elektronik, sehingga meminimalisir penggunaan hardfile     (paperless).
  6. Alternatif media pembelajaran yang kreatif.

Selain itu, penggunaan aplikasi teknologi ini dapat memungkinankan dosen untuk:

  1. memberi & menerima feedback dari rekan dosen melalui safe and secure environment;
  2. terkoneksi dengan pengajar lain, baik dari rumpun ilmu sejenis maupun yang berbeda, baik di dalam negeri maupun di luar negeri;
  3. terhubung dengan peserta didik dalam 24 jam setiap hari;
  4. memberikan soal, tugas, materi, quiz, nilai dll dari mana saja dan kapan saja.

Dari penjelasan di atas, dapat dikatakan jika penggunaan Edmodo akan sangat bermanfaat, khususnya bagi dosen dan mahasiswa dalam dimensi pembelajaran. Harapan kedepannya, akan semakin banyak dosen PPNS yang menggunakan Edmodo maupun aplikasi jejaring social pendidikan yang lain guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *